Friday, September 29, 2023

Usaha dan Potensi Terdekatnya

Jadi begini...

Suatu ketika saya sedang berada di kota tetangga Magelang, nah saya liat di pinggiran Alun2 ada mobil  berhenti trs buka bagasi dan kemudian menata cendok nasi (centong) dari kayu..

Harganya murah hanya Rp 2000 saja setiap centongnya...

Begini analisanya...

Usaha seperti ini adalah salah satu usaha yg plug and play.
saya yakin centong yg mas-mas bawa ini adalah produk desa Pirikan  daerah pinggir utara Kabupaten Magelang, disana memang sentra pengrajin barang2 sepertu ini, bisa jadi mas-masnya ini juga orang daerah sana yg menjualkan produk tetangganya.

Kalau dihitung dari segi modal, taruhlah harga pokoknya 1500, berarti setiap 100centong modalnya cuma Rp 150rb, saya yakin kalau masnya ini orang daerah Pirikan juga, bisa bayar tempo, atau bayar setelah laku.

Benang merahnya begini, 
Kita, bisa nih lihat potensi  disekitar kita, apa saja, ... bisa jadi tetangga kita bikin ceriping, kerajinan, apapun lah. Udah kita bilang aja mau ikut jualkan, lebih baik lagi kita juga (re packing) mempacking ulang dengan wadah yg lebih baik, agar harga jual juga bisa naik, lebih baik lagi nanti juga (re branding) membuat brand yg akhirnya juga bertujuan membuat barang lebih laku.

Sesederhana itu lho BISNIS...hehhe.
Ndak usah nunggu punya banyak modal, manfaatin yg ada aja dulu, adanya motor ya pake motor, ndak punya apa apa ya jalan kaki, ah.. bukankah trotoar masih panjang dan lebar.. (tp jangan lama lama ya  jualan ditrotoarnya)heheh

Begitu....
Intinya adalah mencoba dan bergerak terus. Usaha yang sedang kita lakukan saat ini, belum tentu adalah akhir, bisa jadi ini adalah awal dari usaha2 lainnya yg dipertemukan Nya lewat jalan ini, yg bisa jadi juga membawa kita ke Sukses yg sesungguhnya.

Yuk Terus  berusaha dan berdoa... hehehe

No comments:

Post a Comment